e-business

Pengertian E_Business
Pada dasarnya bisnis merupakan aktivitas menyediakan barang dan jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh orang (konsumen). Aktivitas yang dilakukan dalam bisnis melalui penyediaan barang dan jasa ini bertujuan untuk menghasilkan laba. Sedangkan E-Business itu merupakan suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronis. Dengan E-Business, suatu perusahaan dapat menurunkan total biaya pengeluaran operasional tetap. Lebih jauh, banyak potensi sumber pendapatan baru ditawarkan oleh konsep e-Business.
Fenomena e-Business tidak dapat disangkal telah menjadi trend yang mewarnai aktivitas bisnis di negara-negara maju maupun berkembang. Konsep baru yang berkembang karena kemajuan teknologi informasi dan berbagai paradigma bisnis baru ini dianggap sebagai kunci sukses perusahaan-perusahaan di era informasi dan di masa-masa akan datang
Faktor pemicu utama perubahan dalam era informasi adalah teknologi informasi dan pemasaran Revolusi informasi menekankan mass customization dan knowledge intensive. Oleh karena itu, revolusi informasi biasa pula disebut revolusi industri berbasis pengetahuan. Salah satu karakteristik utama era informasi adalah bisnis elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-business atau e-commerce. Model bisnis ini menekankan pertukaran informasi dan transaksi bisnis yang bersifat paperless, melalui Electronik Data Interchange (EDI), e-mail, electronic bulletin boards, electronic funds transfer, dan teknologi lainnya yang juga berbasis jaringan. Popularitas e-business dipenghujung abad 20 dan diawal milenium baru ini ditunjang oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu:
1) Faktor pasar dan ekonomi
2) Faktor sosial dan lingkungan
3) Faktor teknologi
Perspektif dan Perkembangan e-Business
Definisi e-business tidak hanya menyangkut transaksi online, namun juga meliputi aktivitas, seperti melakukan riset pasar, mengidentifikasikan peluang dan mitra bisnis, menjalin relasi dengan pelanggan dan pemasok, serta melakukan perancangan produk bersama mitra bismis. Istilah e-business berkaitan erat dengan e-commerce. Bagi sebagian kalangan, istilah e-commerce diartikan secara sempit sebagai traansaksi jual beli produk, jasa dan informasi antar mitra bisnis lewat jaringan computer, termasuk internet. Sedangkan e-business mengacu pada lingkup yang lebih luas dan mencakup pula layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, dan transaksi elektronik internal dalam sebuah organisasi. Meskipun demikian istilah e-commerce sebenarnya bisa didefinisikan berdasarkan 5 perspektif, yaitu:
PERSPEKTIF DEFINISI E-COMMERCCE FOKUS
1. transaksi online.
2. Komunikasi secara elektronis
3. Efiensi dan layanan pelanggan
4. Otomatisasi proses bisnis
5. Proses customization
Menurut Berryman (1988) ada 3 strategi efektif untuk e-business, yakni :
v Seller-controllred electronic market place, dalam pasar ini pasar elektronik dibentuk oleh penjual (vendor) tunggal yang mencari banyak pembeli. Tujuannya adalah untuk menciptakan kekuatan pasar dalam setiap transaksi.
v Buyer-controlled electronic marketplace, pasar elektronik dibentuk oleh satu atau lebih pembeli dengan tujuan mengalihkan kekuatan dan nilai dalam pasar kepada pihak pembeli.
v Neutral electronic marketplace, pasar elktronik dibentuk oleh perantara pihak ketiga untuk mempertemukan antara penjual dengan banyak pembeli
Menurut Choi, e-commerce atau e-business bisa beranekaragam bentuknya, tergantung pada 3 dimensi utama yaitu :
• tingkat digilitalisasi produk atau jasa yang dijual,
• proses, dan perantara (delivery agent)dan
• dimensi ini bisa berwujud fisik maupun digital.
Aplikasi e-business ditunjang oleh beberapa pilar dan infrastruktur. Empat pilar yang utama:
1) Orang(people) meliputi pembeli, penjual, perantara, manajemen dan staf sistem informasi
2) Kebijakan publik meliputi pajak, perundang-undangan, nama domain
3) Standar teknis, baik untuk dokumen, keamanan, protokol jaringan, maupun pembayaran
4) Organisasi yaitu mitra bisnis, pesaing, asosiasi, dan instansi pemerintah.
Sedangkan infrastruktur pendukung e-business meliputi:
• Common business services infrastructure, seperti security smart cards, pembayaran elektronis, direktori dan catalog.
• Messaging and information distribution infrastructure, diantaranya EDI, e-mail, dll.
• Multimedi content and network publishing infrastructure, seperti HTML, Java, WWW, dan VRML.
• Network infrastructure, diantaranya jasa Telkom, TV kabel, wireless, internet, VAN,WAN, LAN, intranet, dan extranet.
• Interfacing infrastructure, baik untuk database, pelanggan, maupun aplikasi. Karakteristik jenis bisnis internet meliputi enam aspek, yaitu:
1. acces and application provider, yaitu ISP (internet service provider)
2. transmission, menjual broadband dan narrowband
3. location information, berupa portal dan e-communities
4. aggregator, seperti e-marketplace dan e-mail
5. product/service supply, sepeti e-tailer, berita dan hiburan
6. intemediation services, untuk tukar menukar seperti lelang online, logistic e-mail, pembelian, dan hiburan interaktif.
E-business diklasifikasikan berdasarkan karakteristik transaksi ada 6, yakni :
• Business-to-business (B2B)
• Business-to-consumer (B2C
• Consumer-to-consumer (C2C) dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya.
• Consumer-to-business (C2B) meliputi individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
• Non-business electronic commerce, terdiri atas institusi non bisnis seperti lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan instansi pemerintah. Contohnya, http://www.bappenas.go.id.

MANFAAT E-BUSINESS
Bagi Organisasi
• Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paper-based information).
• Memungkinkan perusahaan untuk menerapakan mass customination terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu antara pembayaran an penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya telekomunikasi.
Bagi Konsumen
• Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
• Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
• Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bisa berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara tepat.
• Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan.
Bagi Masyarakat Luas
• Memungkinkan lebih banyak orang bekerja dirumah dan lebih lebih jarang berpergian untuk berbelanja, sehigga kemacetan dan polusi udara bisa berkurang.
• Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga lebih murah, sehingga bisa terjangkau oleh orang yang kurang mampu.
• Memfasilitasi penyampaian jasa publik, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, dan distribusi layan sosial pemerintah secara lebih murah dan/atau berkualitas.
Transaksi elektronik dilaksanakan dengan tujuan untuk:
Mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat Informasi dunia
Mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Meningkatkan effektifitas dan effisiensi pelayanan public
Membuka kesempatan seluas luasnya kepada setiap orang untuk memajukan pemikiran dan kemampuan dibidang penggunaan dan pemanfaatan Tehnologi Informasi seoptimal mungkin dan bertanggung jawab
Memberikan rasa aman, keadilan dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara Tehnologi Informasi
Kerugian dari E_Business
– Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non teknis
– Kerugian yang tidak terduga
– Penggunaan akses kesumber oleh pihak yang tidak berhak
– Kehilangan keprcayaan dari para konsumen

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: